• Ikuti Kami:
  • |
  • February 8, 2022
  • By - SIEJ

Kiat : Bagaimana Jurnalis Mengajukan Ide Cerita

Hampir di setiap lokakarya jurnalistik, jurnalis seringkali bertanya dan mengeluhkan tanggapan editor atau redaksi ketika menerima ide cerita. “Kami memiliki ide cerita yang bagus, tetapi editor tidak tertarik. Di mana letak kesalahannya ?”

Persoalan itu kemudian menjadi jelas ketika jurnalis pada kenyataannya lebih sering bekerja tanpa petunjuk jelas beberapa hal yang penting diperhatikan. Sebut saja, bagaimana mengatur, fokus, dan menyiapkan jenis alur cerita yang membuat editor berkata, “Wow! Ini bagus. Seberapa cepat Anda bisa mendapatkannya ini? ”

Jack Watling, editor perencanaan di NewsFixed, sebuah platform pitching dan commissioning yang menghubungkan reporter lepas di seluruh dunia, menawarkan beberapa saran praktis untuk jurnalis mengajukan ide cerita ke redaksi.

Di bagian awal, Watling menekankan jurnalis fokus pada cerita dengan membuat template.

“Menulis ide cerita yang diajukan ke redaksi seharusnya tidak memakan waktu. Tulis template dengan membuat bagian yang memuat semua informasi yang penting. Sehingga akan menulisnya menjadi cepat dan mudah, dan Anda tahu informasi apa yang dibutuhkan sebelum diajukan.”

Selain itu, Watling juga memberikan tips sebagai berikut:

  1. Fokus pada cerita.

Jika Anda memiliki cerita tentang menyatukan kembali keluarga, fokuslah pada bagaimana pemerintah melakukannya dan bagaimana Anda akan menceritakannya. Hindari kata-kata seperti `mungkin,` `mungkin,’ dan `mungkin.’ Editor ingin tahu yang pasti diketahui sehingga mereka dapat menilai apakah ada sebuah cerita.

  • Tunjukkan sumber utama.

Sebagai pekerja lepas, editor tidak mungkin tahu siapa Anda. jika Anda menunjukkan “suara” yang akan muncul dalam karya tersebut dan sumber utama yang ingin digunakan, itu menunjukkan kalau Anda tahu bagaimana melaporkan cerita dan menunjukkan dapat menyampaikannya.”

  • Memberikan rincian teknis dan logistik.

Katakan ketika Anda berpikir dapat menyampaikan cerita dan format di mana Anda dapat menyampaikannya. Jika menawarkan foto pendamping, katakan saja.

  • Berikan tenggat waktu.

Kesulitan yang terlalu umum bagi pekerja lepas adalah mengetahui kapan harus mengajukan ke editor kedua jika yang pertama tidak merespons. Lamanya waktu yang diberikan harus bergantung pada sensitivitas waktu dari pitching.

Kalimatnya hanya perlu mengatakan, ‘jika tertarik, harap balas dalam waktu empat jam. Setelah titik ini, cerita ini akan ditayangkan di tempat lain.’ Bahkan jika editor tidak memberi komisi, tag ini sering kali mendorong mereka tidak menolak.

  • Portofolio

Letakkan tautan ke beberapa contoh pekerjaan Anda sebelumnya.

Kiat dari para pekerja lepas yang sukses, diperoleh dari testimoni keberhasilan reporter mengajukan ide cerita ke redaksi.

  1. Setiap proposal cerita harus dikemas dengan rapi dengan semua pengamanan biasa: Periksa ejaan, fakta, tata bahasa, dan nada. Kebanyakan editor tidak tertarik dengan promosi penjualan yang lucu atau paragraf yang bertele-tele. Saran terbaik: Mintalah seseorang membaca proposal sebelum menekan tombol kirim.
  • Sertakan judul yang berfungsi dan ringkasan singkat atau grafik kacang. Ini bisa berubah saat Anda masuk lebih dalam ke dalam cerita, tetapi ini memberikan gambaran singkat dan peta jalan untuk lapangan.
  • Jelaskan sesingkat mungkin alassan audien tertarik dengan cerita ini. Uraikan sumber utama dan bukti. Rampingkan informasi.
  • Berikan garis besar foto, grafik, atau visual lain untuk mendukung cerita. Jika itu adalah paket multi-media, buatlah daftar dan jelaskan komponen-komponen utamanya.
  • Buat garis waktu yang masuk akal. Ini harus mencakup berapa hari yang diperlukan untuk meneliti dan meliput cerita, mengedit foto/video, dan memeriksa keakuratan informasi.
  • Tetap sederhana, fokus, dan tepat waktu.

Disadur dari https://ijnet.org/en/resource/how-pitch-story-ideas-tips-journalists

Banner image : Fieldtrip jurnalis peserta Lokakarya Form Ridge to Reef di Sayung, Demak, Jawa Tengah. Foto : Noni Arnee

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments