• Ikuti Kami:
  • |
  • January 20, 2022
  • By - SIEJ

Story Grants 2022 : Indigenous Environmental Journalism

Earth Journalism Networks EJN melalui pendanaan yang ditawarkan oleh Nia Tero Foundation dan Svenska Postkodstiftelsen (Lotre Kode Pos Swedia), memberikan hibah kepada Indigenous jurnalist untuk memproduksi cerita tentang degradasi lingkungan di komunitasnya serta mengeksplorasi strategi untuk adaptasi, ketahanan, dan advokasi.

Pendanaan ini diberikan karena secara global, sekitar 370 juta orang masyarakat adat ( 5 persen dari total populasi manusia) yang  mengelola lebih dari seperempat luas daratan dunia yang mendukung 80 persen keanekaragaman hayati global planet ini.

Tetapi perspektif mereka sering hilang dari isu global tentang keanekaragaman hayati, perubahan iklim, dan masalah krisis lingkungan lainnya. Meskipun praktik penggunaan lahan tradisional masyarakat adat sering berfokus pada keberlanjutan dan konservasi, hak atas tanah, kedaulatan, dan keselamatan mereka terus-menerus terancam oleh pemerintah dan perusahaan yang ingin mengeksploitasi sumber daya alam. Dan meskipun jejak lingkungan mereka kecil, mereka sering menanggung dampak degradasi lingkungan, dengan minimnya akses ke layanan, sumber daya keuangan, atau platform yang membantu memperkuat pengetahuan tradisional, meningkatkan visibilitas, dan memungkinkan berbagi informasi.

Jurnalis apat memproduksi ide cerita dengan mengeksplorasi isu-isu lingkungan dan perubahan iklim terkait dengan hak dan kesejahteraan masyarakat dan komunitas adat. EJN juga tertarik dengan cerita yang mengeksplorasi solusi dan ketahanan lingkungan, fokus pada penggunaan sumber daya, pertanian dan praktik manajemen tradisional, menyelidiki hak atas tanah dan kedaulatan lingkungan, membahas peran Masyarakat Adat sebagai penjaga lingkungan atau menyoroti dampak Covid- 19 di wilayah masyarakat adat.

Proposal yang fokus pada topik atau cerita yang belum banyak dibahas lebih diutamakan. Isu-isu yang telah mendapat banyak liputan media atau tidak memberikan sudut pandang yang unik terhadap tantangan lingkungan cenderung tidak dipilih.

Pelamar harus mengidentifikasi diri sebagai penduduk asli dan akan diminta untuk memberikan perincian tentang afiliasi penduduk asli mereka dalam aplikasi. Pelamar dapat berasal dari negara mana saja di dunia.

Wartawan yang bukan penduduk asli tidak memenuhi syarat untuk kesempatan ini; namun, dapat berkolaborasi dengan kelompok jurnalis dari komunitas di wilayah adat sebagai pelamar utama yang bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan EJN dan menerima dana atas nama grup, jika lolos seleksi.

Aplikasi lamaran dikirimkan dalam bahasa Inggris, Spanyol dan Portugis. Namun terbuka untuk jurnalis yang bekerja di media apa pun (online, cetak, televisi, radio) dan praktisi media ahli lainnya dengan pengalaman liputan investigasi dan pengalaman meliput masalah lingkungan. EJN juga  mendorong pelamar dari reporter lepas dan staf dari semua jenis organisasi media – internasional, nasional, lokal, dan berbasis komunitas.

20 hibah ini akan diberikan dalam dua kelompok. 10 hibah akan diberikan dengan anggaran rata-rata $1.450, dan 10 hibah lainnya akan diberikan dengan anggaran rata-rata $1.250. Secara umum, aplikasi dengan anggaran yang lebih kecil akan lebih kompetitif, tetapi akan dipertimbangkan jumlah hibah yang lebih besar untuk cerita menggunakan pendekatan inovatif atau investigasi yang mungkin lebih mahal dan memakan waktu.

Hibah akan diberikan pada bulan Februari dengan harapan bahwa semua cerita akan diterbitkan paling lambat akhir Agustus. Pelamar harus mempertimbangkan waktu ini ketika menyusun rencana kerja mereka.

Semua pelamar diminta untuk memberikan anggaran terperinci dengan pembenaran untuk jumlah yang diminta menggunakan template yang telah disediakan. Pertimbangkan semua kebutuhan dalam pelaporan ini dengan mempertimbangkan anggaran biaya yang rasional. Seperti perjalanan dan akomodasi. Cerita juga sebaiknya diproduksi dengan peralatan yang sudah dapat diakses oleh pelamar (termasuk kamera, drone, pencahayaan, tripod, dll.) dan lebih memilih anggaran yang tidak mencakup peralatan dalam jumlah besar.

Kami mendorong wartawan untuk mengikuti praktik terbaik untuk Covid-19 saat berada di lapangan sehingga Anda tidak membahayakan diri sendiri atau orang yang Anda wawancarai. Jika perlu, Anda harus memasukkan biaya terkait Covid, seperti tes atau alat pelindung diri, dalam anggaran Anda.

Cerita dapat diproduksi dalam bahasa apa pun. Namun, pelamar yang ingin menulis atau membuat cerita dalam bahasa lokal mereka juga harus menyertakan terjemahan bahasa Inggris.

Tenggat waktu proposal : 8 Februari 2022

Lengkapnya, silakan klik https://earthjournalism.net/opportunities/indigenous-environmental-journalism-story-grants-2022

Banner image : AMAN

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments