• Ikuti Kami:
  • |
  • January 8, 2022
  • By - SIEJ

4 Jurnalis Menangkan Lomba Jurnalistik “Sistem Pangan Lestari Untuk Adaptasi Perubahan Iklim”

Empat karya jurnalistik dari jurnalis Indonesia terpilih sebagai pemenang lomba Karya Jurnalistik “Sistem Pangan Lestari Untuk Adaptasi Perubahan Iklim”, yang diselenggarakan hasil kerja sama the Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ), The Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN)  dan The Food and Land Use (FOLU).

Lomba jurnalistik ini merupakan tindak lanjut dari program kelas belajar yang diikuti 50 peserta jurnalis dari berbagai media di Indonesia yang dilaksanakan pada 15-16 Desember 2021 lalu.

Ketua Umum SIEJ Rochimawati mengatakan, usai mengikuti kelas belajar, seluruh peserta berkesempatan mengirimkan karya tulis sesuai dengan tema “Sistem Pangan Lestari Untuk Adaptasi Perubahan Iklim” dengan batas waktu pengiriman karya pada  31 Desember 2021.

“Tidak semua peserta mengirimkan karyanya. Ada 25 karya yang disubmit untuk mengikuti kompetisi ini. Berdasarkan seleksi tim juri yang dilaksanakan pada 5 Januari 2022, telah diputuskan empat pemenangnya,” ujar Rochimawati, Jumat (7/1/2022).

SIEJ mengapresiasi semua peserta yang telah mengirimkan karya jurnalistik sebagai bagian dari output selama program kelas belajar.

Selamat kepada para pemenang. Bagi karya jurnalistiknya belum terpilih sebagai salah satu pemenang, SIEJ terus mendukung upaya jurnalis dan media tetap berkarya khususnya pada isu  sistem pangan lestari untuk mengatasi perubahan iklim di Indonesia.

Berikut nama para pemenang lomba:

1. Robby Irfany Maqoma

Media: The Conversation Indonesia

Judul artikel:  Dilema pangan ramah iklim yang bernutrisi dan terjangkau di Indonesia. Bagaimana cara mengatasinya? https://theconversation.com/dilema-pangan-ramah-iklim-yang-bernutrisi-dan-terjangkau-di-indonesia-bagaimana-cara-mengatasinya-173655

2. Sayied Syech Boften

Media: Koran Papua Barat Pos

Judul artikel: Ketahanan Pangan Bukan Beras-isasi

Dipublikasikan dalam versi cetak di Koran Papua Barat Pos edisi V Desember 2021

3. Bahtin Razak

Media: www.gosulut.com

Judul artikel: Berhemat Dengan Sampah Makanan

https://www.gosulut.com/2021/12/31/berhemat-dengan-sampah-makanan/

4. Marathun Nashihah

Media: Suara Merdeka

Judul artikel: Ikhtiar Perempuan Jaga Ketahanan Pangan

Dipublikasikan dalam tiga seri di harian Suara Merdeka (versi cetak) pada tanggal 29, 30, 31 Desember 2021

#food #foodsystem #sistempangan #jurnalislingkungan #perubahaniklim #climatechange #climatecrisis #climateaction

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments