• Ikuti Kami:
  • |
  • November 23, 2021
  • By - SIEJ

Simpul SIEJ Sulut: Gelar Jambore Jurnalistik Lingkungan Pertama

Simpul The Society of Environmental Journalists (SIEJ) wilayah Sulawesi Utara menggelar Jambore Jurnalistik Lingkungan untuk pertama kalinya. Dalam perhelatan akbar yang dilaksanakan di bumi perkemahan Ketama Adventure Tondano, Kabupaten Minahasa, pada Jumat-Minggu (26-28/11/2021),  SIEJ menggandeng para jurnalis pemula, mahasiswa dan para pegiat lingkungan di Sulawesi Utara.

Finda Muhtar, Koordinator SIEJ Simpul Sulawesi Utara mengatakan, kegiatan yang baru diinisiasi ini akan menjadi program tahunan untuk memotivasi para jurnalis dan pejuang lingkungan untuk terus konsisten menyuarakan dan mengawal isu lingkungan.

“Ini upaya memberikan penyegaran dan motivasi kepada para jurnalis, mahasiswa dan aktivis lingkungan untuk tetap konsisten melakukan aksi serta mengawal isu-isu perubahan iklim dan kerusakan lingkungan,” kata Finda.

Dalam kegiatan jambore tersebut yang digelar di luar ruangan untuk lebih mendekatkan pada alam, para peserta akan mendapat pengetahuan dan ketrampilan terkait dengan jurnalisme lingkungan.

“Jadi di dalamnya peserta lebih banyak didorong untuk berinteraksi dengan alam, karena memang digelar di alam terbuka,” lanjut Pemimpin Redaksi (Pemred) BeritaManado.com ini.

Sementara itu, Mochammad Irzal, Ketua Panitia Pelaksana yang didampingi Sekretaris Panitia Julkifli Madina berharap kegiatan ini bisa terlaksana sesuai target.

“Kegiatan sudah siap dilaksanakan dan para peserta akan mendapatkan banyak ilmu. Mereka akan dibekali belajar teknik fotografi, rescue, videografi dan belajar jurnalisme lingkungan,” jelasnya.

Rochimawati, Ketua umum The Society of Environmental Journalists berharap, kegiatan Jambore jurnalistik yang diinisiasi Simpul SIEJ Sulawesi Utara dapat dilaksanakan di Simpul SIEJ di wilayah lainnya.

“Setiap wilayah punya persoalan lingkungan yang berbeda, saya harap kegiatan ini dapat dilaksanakan di Simpul SIEJ lainnya dan mengajak masyarakat  sadar informasi dan sadar lingkungan. Terlebih lagi dengan makin masifnya kerusakan lingkungan di Indonesia.”

Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia atau The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) dideklarasikan oleh 45 jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia pada 22 April 2006, bertepatan dengan peringatan Hari Bumi di Taman Nasional Leuser, Tangkahan Sumatera Utara.

Sedangkan Simpul SIEJ Sulawesi Utara dibentuk pada tahun 2014 dan Agustinus Hari, Pemred Barta1.com dipercaya sebagai koordinator Simpul Sulut pertama.

Tujuan utama SIEJ adalah membangun jaringan jurnalis dan media untuk mendorong peliputan lingkungan yang kritis dan berpihak kepada kebenaran. SIEJ juga wadah peningkatan skill serta kapasitas jurnalis untuk isu-isu peliputan lingkungan. Hingga saat ini SIEJ memiliki anggota kurang lebih 200 orang jurnalis aktif, baik jurnalis freelance maupun jurnalis yang berkerja di perusahaan media. Anggota SIEJ tersebar di 25 daerah SIMPUL SIEJ yang berbasis di masing-masing provinsi.

  • Share:
  • Tags:
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments