• Ikuti Kami:
  • |
  • November 2, 2021
  • By - SIEJ

Selamat ! Pemenang Kompetisi Jurnalistik “Memantau Kondisi Terkini SDA & Hutan Indonesia”

The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) bekerja sama dengan WRI Indonesia dan Global Forest Watch telah menyelenggarakan kompetisi jurnalistik “Memantau Kondisi Terkini SDA & Hutan Indonesia”.

Kompetisi terbatas yang hanya diperuntukkan bagi 15 jurnalis dari berbagai media dari Aceh hingga Papua yang lolos mengikuti workshop ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan workshop dan kompetisi jurnalistik “Memanfaatkan Platfrom Global Forest Watch (GFW) untuk Memantau Sumber Daya Alam  dan Hutan Indonesia” yang berlangsung pada bulan Oktober 2021.

Dari kegiatan workshop tersebut, ke-15 peserta berkesempatan untuk mempraktikkan ilmu yang telah dipelajari dari tim WRI dalam membaca dan menganalisis data dengan menggunakan platfom terbuka dari Global Forest Watch sebagai bagian dalam kerja-kerja jurnalistiknya untuk menghasilkan karya jurnalistik berbasis data Global Forest Watch.

Karya tersebut kemudian dikompetisikan untuk mendapatkan apresiasi berupa uang tunai sebesar Rp 3 juta untuk masing-masing tiga pemenang, sebagai bentuk dukungan kepada jurnalis dalam menghasilkan karya yang berkualitas khususnya terkait dengan isu sumber daya alam dan hutan Indonesia.

Rochimawati, Ketua The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) mengucapkan apreasiasi kepada seluruh peserta terutama pada peserta dengan karya jurnalistik terbaiknya. Workshop dan kompetisi jurnalistik ini menjadi salah satu upaya memberikan kesempatanbagi jurnalis untuk menambah dan meningkatkan ketrampilan mempraktikan jurnalisme data dengan memanfaatkan platform terbuka seperti Global Forest Watch.

“Semua karya yang dihasilkan berkualitas dan komprehensif. Selamat kepada para pemenang dan terima kasih kepada semua peserta yang mendukung kegiatan ini. Semoga makin  banyak kesempatan untuk menambah kemampuan jurnalisme datanya, terutama pada isu-isu lingkungan saat ini,” ujarnya.

Ochi, panggilan akrabnya pun berharap makin banyak jurnalis di Indonesia yang bisa menerapkan jurnalisme data dalam tema-tema isu sumber daya alam dan lingkungan di wilayah kerjanya.

Dari hasil seleksi ketat, berikut tiga karya jurnalistik terpilih berdasarkan sejumlah kriteria yang telah ditetapkan seperti kesesuaian tema, kelengkapan data, ketepatan menyajikan atau analisis data dan kualitas penulisan.

Pemenang Kompetisi Jurnalistik bertema “Memantau Kondisi terkini SDA&Hutan Indonesia”

1. Luh De Suriyani – Mongabay.co.id

Judul : Memantau Tutupan Hutan Bali, Mencegah Bencana Terulang Lagi

2. Ahmad Riki Sufrian – kilasjambi.com

Judul : Perusahaan Pengabai Mandat Restorasi Memicu Kerusakan Gambut

3. Suprianto Suwardi – Bumantara.id

Judul : Tambang Ilegal Ancam Kelestarian Hutan Bolsel

Selamat kepada para pemenang !!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments