• Ikuti Kami:
  • |
  • September 27, 2021
  • By - SIEJ

Panduan Menulis Proposal Hibah Pulitzer Center yang Harus Diingat

Tidak ada formula ajaib untuk proposal yang efektif hingga sukses diterima pemberi hibah. Berikut ini adalah beberapa panduan yang perlu diingat jurnalis ketika mengajukan aplikasi.

Pulitzer Center memberikan hibah untuk membantu kesulitan pembiayaan dalam peliputan. Hibah ini terbuka untuk semua jurnalis: seperti penulis, fotografer, produser radio, dan pembuat film, dan jurnalis pekerja lepas.

Kesempatan ini diberikan kepada jurnalis berpengalaman yang telah mempublikasikan karyanya secara luas, tetapi juga mendukung  jurnalis  muda yang mencari bantuan pendanaan untuk memulai karirnya. Tentunya ini juga  menjunjung tinggi keragaman baik jenis kelamin, etnis, latar belakang, dan kebangsaan.

Berikut adalah beberapa panduan yang perlu diingat bagi jurnalis yang berminat untuk mengajukan proposal pendanaan peliputan di Pulitzer Center.

  • Buat cerita sendiri yang khas

Pelamar potensial sering bertanya topik apa yang Pulitzer minati. Tapi pertanyaan itu kemudian dikembalikan pada si pelamar itu sendiri. Proposal terbaik yang diterima biasanya datang dari jurnalis dengan komitmen mendalam untuk melaporkan topik yang mereka usulkan, dan menemukan sebanyak mungkin cara untuk melibatkan audiens. Pulitzer sangat fokus pada ide-ide yang dihasilkan oleh para jurnalis karena mereka bersemangat tentang fokus peliputannya, bukan karena mungkin ada dana yang tersedia untuk meliputnya.

  • Fokus lebih dalam

Satu-satunya parameter luas yang Pulitzer miliki adalah bahwa proyek peliputan ini terkait dengan pananganan krisis sistemik global. Dan dengan krisis yang dimaksudkan tentunya bukan sekadar konflik pemecah berita utama.

Krisis bisa menjadi konflik. Suriah dan Irak adalah krisis. Tapi begitu juga perjuangan untuk akses air bersih dan sanitasi di Bangladesh, atau perjuangan diam-diam melawan mutilasi alat kelamin perempuan di beberapa bagian Afrika, atau perusakan hutan hujan di Malaysia. Pulitzer mendukung pelaporan yang menggali di bawah permukaan untuk mengatasi akar penyebab krisis tersebut, serta kemungkinan umpan baliknya.

  • Beri cerita yang berbeda dan mengesankan

Pulitzer tidak hanya mencari topik yang sesuai, tapi mencari ide cerita yang mengejutkan—yang mengungkapkan sesuatu yang baru, atau akan membantu pembaca melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda. Ebola adalah topik pelaporan yang tepat; profil seorang dokter terkemuka yang bekerja di tengah wabah Ebola adalah ide cerita; sebuah cerita tentang satu atau lebih dokter Ebola yang memiliki wawasan mengejutkan tentang cara terbaik untuk memerangi epidemi adalah ide yang lebih baik.

  • Pikirkan lebih dari satu cerita

Pulitzer mendukung proyek, bukan hanya cerita satu kali. Misi menyeluruh adalah untuk meningkatkan kesadaran akan krisis global yang tidak dilaporkan, sehingga aplikasi yang paling sukses dan diterima menunjukkan bahwa jurnalis telah memikirkan cara menjangkau audiens seluas mungkin. Juga mendorong pelamar untuk bekerja di berbagai platform. Terkadang ini berarti menciptakan kemitraan dengan orang lain, artinya pelamar dapat bekerja sama dengan fotografer atau videografer atau ruang redaksi dan bergabung untuk menggarap cerita yang kompleks, misalnya—untuk memaksimalkan dampak.

  • Lakukan beberapa riset dan cerita baru

Kesalahan paling umum yang dilakukan pelamar adalah mereka tidak memeriksa situs web Pulitzer Center untuk melihat proyek apa yang telah kami lakukan, atau proyek apa yang sedang kami kerjakan.

Krisis migrasi Eropa adalah contoh yang baik. Sejak awal 2012, Pulitzer kebanjiran pelamar yang ingin datang dan meliput beritanya. Jika mereka memeriksa situs webnya, mereka akan memperhatikan bahwa kami telah meliput cerita ini dari awal, mendanai lusinan proyek untuk dicetak, disiarkan, dan online. Ini adalah kisah berkelanjutan yang sangat penting dan akan terus mendukung jurnalis yang ingin melaporkannya. Tetapi periksa situs web kami sebelum mendaftar dan beri tahu bagaimana pendekatan yang berbeda, atau kesenjangan apa dalam cakupan yang perlu diisi.

Singkat. Tetap sederhana. Kami tahu beberapa cerita sangat rumit—dan kami memberi ruang pada formulir aplikasi untuk materi tambahan untuk menjelaskan tentang cerita yang menjadi fokus.  

  • Rencana Distribusi

Salah satu tujuan utama Pulitzer adalah membuat jurnalisme yang kami dukung berdampak pada khalayak seluas mungkin. Itu sebabnya formulir aplikasi online  mengharuskan pelamar memberikan rencana untuk mendistribusikan cerita yang akan dikerjakan. Media tempat bekerja akan menerbitkan atau menyiarkan cerita Anda. Tetapi jika memungkinkan, juga dipikirkan untuk mendistribukan di media lain dan platform lain yang mungkin tertarik dengan cerita ini. Sebelumnya, kami memiliki staf di surat kabar yang memberikan kontribusi laporan ke stasiun radio publik lokal dan majalah nasional. Ini adalah cara yang bagus untuk menampilkan laporan Anda.

Ini akan lebih sulit bagi para freelancer. Kami dapat memberikan bantuan dan saran, tetapi Anda harus menghubungi outlet dan meyakinkan editor bahwa ide cerita Anda bermanfaat dan mereka dapat mempublikasikannya. Kami tahu mungkin sulit—terkadang hampir tidak mungkin—tetapi setidaknya harus mencoba. Rencana distribusi yang kredibel adalah kunci keberhasilan aplikasi.

  • Perhatikan aspek keselamatan

Jika proyek Anda melibatkan pelaporan di lingkungan yang tidak bersahabat atau berbahaya, kami mengharuskan Anda dan outlet potensial Anda untuk mematuhi secara ketat prinsip-prinsip Aliansi ACOS yang diuraikan di https://www.acosalliance.org/the-principles. Jika Anda seorang pekerja lepas dan Anda berencana untuk melaporkan dari zona konflik atau lingkungan yang tidak bersahabat, Anda harus memiliki tugas tegas dari organisasi berita yang akan bertanggung jawab penuh atas kesejahteraan Anda. Ini akan membantu jika Anda telah mengikuti kursus pelatihan khusus untuk meliput di wilayah berbahaya. Selama dua tahun terakhir, Pulitzer Center telah membantu biaya pelatihan untuk lebih dari 40 pekerja lepas.

  • Anggaran

Formulir aplikasi meminta perkiraan anggaran kasar untuk proyek Anda. Hibah kami membantu pembiayaan untuk mendapatkan cerita dan melaporkannya— seperti tiket pesawat, hotel, makanan, transportasi darat lokal, biaya permintaan catatan, biaya analisis/visualisasi data, mitra pelaporan lokal, atau asisten, penerjemah, dll. Kami mengharapkan dapat menekan biaya. Jangan pernah berpikir terbang dengan kelas bisnis, berencana menghabiskan satu bulan ketika dua minggu sudah cukup. Anda tidak harus menginap di hotel termurah di kota, tetapi jangan berlebihan. Kami menyadari pentingnya menemukan mitra liputan lokal yang baik untuk beberapa berita, tetapi bagus tidak selalu berarti yang paling mahal. Berbelanja di sekitar, bandingkan harga, periksa dengan koresponden lain. Dengan kata lain, jangan anggap kami sebagai ATM. Kami adalah nirlaba yang harus keluar dan mengumpulkan setiap dolar yang kami berikan kepada Anda.

Tips ini disadur dari https://pulitzercenter.org/grants-fellowships/grants-fellowships/tips-writing-successful-pulitzer-center-grant-proposal

Link Youtube https://www.youtube.com/watch?v=snUBaGy8qvA&t=48s

Banner Image : Capture link Youtube Tips for a Successful Pulitzer Center Grant Application

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments