• Ikuti Kami:
  • |
  • July 16, 2021
  • By - SIEJ

Raih Fellowship Perubahan Iklim “Menuju COP26 di Glasgow”

The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) bekerja sama dengan World Resources Institute (WRI) Indonesia mengundang para jurnalis di Indonesia untuk mengikuti program pelatihan dan peliputan isu perubahan iklim di Indonesia.

Program Fellowship Perubahan Iklim “Menuju COP26 di Glasgow : Memperkuat Aksi dan Ambisi Iklim Indonesia” ini bertujuan meningkatkan kapasitas jurnalis dalam memahami dan meliput isu-isu perubahan iklim di Indonesia. Perwujudan komitmen Indonesia mengurangi emisi gas rumah kaca menjadi penting bersamaan dengan rencana Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa UN Climate Change Conference of the Parties (COP26) 2021 di Glasgow akhir tahun ini.

Dalam Persetujuan Paris tahun 2015, Indonesia telah berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen hingga 41 persen di bawah skenario business-as-usual, namun komitmen ini hanya berlaku hingga 2030. Komitmen tersebut juga belum cukup untuk menahan laju pemanasan global yang dibutuhkan untuk mencegah bencana iklim yang lebih besar.

Oleh karena itu, dalam COP26 mendatang Indonesia perlu mengemukakan rencana untuk meningkatkan ambisi iklimnya yang selaras dengan sains dan kondisi pembangunan Indonesia.

Peran media sangat dibutuhkan untuk mengkritisi implementasi penurunan emisi maupun menginformasikan praktik-praktik terbaik dari non-state actors di berbagai sektor dan wilayah sehingga dapat menjadi masukan bagi pemerintah Indonesia untuk meningkatkan ambisi iklimnya.

Syarat Peserta

* Bekerja sebagai jurnalis di media nasional atau regional selama minimal dua tahun terakhir.

* Jurnalis tetap maupun lepas.

Dokumen yang diperlukan:

o Minimal satu contoh tulisan terkait iklim dan pembangunan berkelanjutan

o ID Pers (untuk jurnalis permanen) atau surat keterangan dari editor

o Surat rekomendasi dari editor/pemimpin redaksi

o Proposal untuk mengikuti kegiatan fellowship yang berisi:

▪ Topik

▪ Sudut pandang cerita/angle

▪ Latar belakang

▪ Informasi atau data awal yang berisi data spasial, narasumber, atau hasil riset

▪ Perkiraan waktu pengerjaan dan anggaran

Program ini akan diberikan kepada 10 jurnalis terpilih. Para peserta terpilih akan diberikan dana sebesar Rp5.000.000 sebagai biaya operasional untuk peliputan.

Peserta terpilih harus berkomitmen mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan aktif berpartisipasi selama mengikuti pelatihan.

Untuk menjadi peserta, Anda dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran melalui link: https://bit.ly/FellowshipPerubahanIklim

Batas waktu pendaftaran Jumat, 23 Juli 2021

Informasi lengkap di:

www.ekuatorial.com

www.siej.or.id

Instagram/FB/Twitter: @siej_info

Peserta juga dapat menghubungi:

bhekitasemesta@gmail.com atau Cp 08112652266 dan

sekretariat@siej.or.id

  • Share:
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments