13 Jurnalis Menerima Ekuatorial Story Grant #1 Peliputan Lingkungan Hidup

13 jurnalis dari berbagai wilayah di Indonesia menerima hibah pendanaan peliputan isu lingkungan hidup Ekuatorial Story Grant Round 1. Mereka berhasil melewati tahap seleksi ketat dan terpilih dari 89 pendaftar dari media lokal, nasional dan jaringan nasional di Indonesia.

Para jurnalis terpilih ini nantinya akan mengerjakan 12 proposal peliputan yang telah diseleksi sebelumnya serta mempublikasikan di Website https://www.ekuatorial.com/ dan medianya masing-masing. Ada tiga tema utama yang ditawarkan dalam program ini, yakni polusi udara, keanekaragaman hayati dan konservasi, serta eco-tourism.

Ketua umum SIEJ, Rochimawati mengatakan, antusias jurnalis untuk mendaftar dan mengirimkan proposal peliputan pada program hibah tahap pertama periode Juni 2021 cukup tinggi.

“Semua proposal yang dikirim bagus-bagus, hanya saja para pendaftar kurang menggali dan mengembangkan isu yang kami tawarkan. Padahal, sebenarnya banyak sekali isu-isu lingkungan Isu di daerah yang menarik untuk diangkat dan dikembangkan,” katanya.

Tingkat partisipasi pendaftar yang tinggi menunjukkan isu lingkungan makin diminati  dan mendapat perhatian besar bagi jurnalis di Indonesia.

Menurut Ochi, program hibah ini merupakan bentuk komitmen Ekuatorial dan The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) untuk  terus mendukung dan mendorong peningkatan kapasitas dan ketrampilan para jurnalis di Indonesia dalam menghasilkan liputan kritis dan mendalam tentang isu lingkungan. 

“Untuk meningkatkan pemahaman publik akan isu lingkungan, salah satu upaya dengan meningkatkan kualitas liputan lingkungan dengan memberikan dukungan penting kepada jurnalis dari berbagai platfom media dalam upaya meliput isu lingkungan melalui dukungan program hibah untuk karya jurnalistik lingkungan,” imbuhnya.

SIEJ memiliki visi membangun masyarakat sadar informasi dan sadar lingkungan melalui jurnalisme lingkungan berkualitas tinggi. 

Harapannya, peliputan isu lingkungan dan perubahan iklim makin mendapat tempat dan prioritas di media massa sehingga publik makin paham dan terliterasi pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan hidup yang lebih baik.

Berikut penerima story grant peliputan lingkungan hidup SIEJ periode Juni 2021:

1. Ronny Adolof Buol – Zonautara.com

2. Haryadi – Pontianak Post

3. Lili Rambe – Mongabay Indonesia

4. Riza Salman – Ekuatorial.com

5. Gresi Plasmanto – Liputan6.com

6. Dhana Kencana – IDN Times

7. Monang Lubis – Riau Pos

8. Rizka Nur Laily Mualifa – Merdeka.com

9. Rayhana Anwarie – Buletin Yayasan Bina Desa

10. Apriyanto Latukau – Kieraha.com

11. Basri Marzuki – Beritapalu.com

12. Kennial Laia dan Lusia Arumingtyas – (Mongabay Indonesia)

Terima kasih kepada para jurnalis yang telah berpartisipasi dan selamat kepada penerima hibah peliputan.

#grant #journalism #jurnalislingkungan #polusiudara #keanekaragamanhayati #konservasi #ecotourism

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *