• Ikuti Kami:
  • |
  • June 27, 2021
  • By - SIEJ

Fellowship Build Back Better: “Karhutla dan Komitmen Penegakan Hukum”

The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) membuka kesempatan bagi para jurnalis di Indonesia untuk mengajukan proposal isu kebakaran hutan&lahan dan komitmen penegakan hukum, untuk mendapatkan hibah pendanaan peliputan dengan total Rp 35 juta.

Program ini didasari pada banyaknya peristiwa kebakaran hutan dan lahan di Indonesia, dan masih minimnya penegakan hukum dalam penyelesaian penanganan kasus kebakaran hutan dan lahan.

Sepanjang tahun 2015 – 2019, tercatat 4,4 juta hektar lahan terbakar di Indonesia. Sekitar 789.600 hektar (18 persen) telah berulang kali terbakar. 1,3 juta hektar (30 persen) dari area kebakaran yang dipetakan berada di konsesi kelapa sawit dan bubur kertas (pulp). Bahkan, karhutla tahunan terburuk sejak 2015 membakar 1,6 juta hektar hutan dan lahan.

Namun, banyak kasus karhutla tidak terselesaikan dengan tuntas. Bahkan dari 258 sanksi administratif yang diterbitkan, dengan 51 tuntutan pidana dan 21 gugatan perdata. 8 dari 10 perusahaan kelapa sawit dengan area terbakar terbesar di konsesi mereka dari 2015 hingga 2019, belum menerima sanksi apapun.

Para jurnalis yang tertarik untuk mendaftar dan mengirimkan proposal peliputannya dapat mengembangkan tema tersebut dengan ruang lingkup liputan di wilayah Indonesia.

Fellowship ini terbuka untuk jurnalis dari multiplatform (cetak, online, tv, dan radio). Jurnalis yang bekerja paruh waktu (freelance) dapat mengikuti fellowship dengan memberikan surat rekomendasi editor yang akan mempublikasikan karyanya.

Pelamar yang sudah mengirimkan formulir pendaftaran akan diseleksi oleh panitia berdasarkan pengalaman menjadi jurnalis dan komitmen menulis liputan isu lingkungan terkait dengan Build Back Better. Hasil seleksi penermina fellowship ini tidak dapat diganggu gugat.

Pendaftaran Fellowship: 28 Juni – 10 Juli 2021

Untuk pendaftaran, silakan klik : https://bit.ly/FellowshipBBBKarhutla

Pengumuman pemenang fellowship diumumkan di media resmi The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) pada 15 Juli 2021.

Jika ada informasi lain yang ingin ditanyakan, silakan kontak Nonie Arnee (+62 812-8068-3424) atau email: sekretariat@siej.or.id , dengan subjek: Fellowship BBB: Karhutla

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments