Lomba Video Hari Bumi : Jangan Pernah Lelah Merawat Bumi

Dalam rangkaian peringatan ulangtahun ke-15 The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) dan Hari Bumi, SIEJ mengajak anak muda khususnya mahasiswi/a untuk berbagi ide, bagaimana memulihkan bumi agar makin lestari.

Ya, merawat bumi tidak hanya menjadi tanggungjawab para forester, atau pemangku kebijakan. Tapi ini menjadi tanggungjawab bersama termasuk anak muda.

Sejak kita lahir, hingga hari ini kita hidup di bumi. Seumur hidup, tanpa pernah meninggalkannya. Tapi apa yang kita sumbangkan untuk bumi ini?

Semenjak manusia gemar menggeruk isi bumi, banyak kerusakan timbul. Mulai pembabatan hutan, pencemaran air, polusi udara, sampai makin panasnya suhu bumi. Jika dibiarkan, akibatnya tentu bisa kembali pada kita. Krisis iklim yang mengubah cuaca bisa membuat beragam panen tumbuhan pangan gagal. Akibatnya, ancaman krisis pangan bisa menghantam umat manusia saat ini.

Padahal bumi ini titipan, bukan hadiah. Generasi mendatang akan tinggal di bumi yang sama juga. Jika kita sudah mengeruknya habis-habisan, apa yang tersisa buat mereka kelak? Bagaimana tempat hidup mereka nanti?

Sebagai bentuk kepedualian dan kesadaran keperpihakan terhadap isu lingkungan, SIEJ menggelar Lomba Video Hari Bumi khusus mahasiswa dengan tema “Apa yang bisa kita lakukan untuk memulihkan Bumi.”

Dalam periode unggahan video di Instagram mulai tanggal 22 April – 30 April 2021, tercatat 46 pendaftar mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia menuangkan ide kreatifnya dalam video ringkas, tentang suara, aktivitas dan harapan mereka untuk memulihkan bumi.

Ide-ide kreatif mulai dari disiplin membuang sampah, melakukan 3 R, menanam pohon, hingga keterlibatan mereka dalam komunitas yang mendedikasikan diri demi merawat bumi yang menjadi rumah kita bersama.

Berikut pemenang Lomba Video dari hasil seleksi kompetisi video tersebut :

  1. Juara 1  : @alimznow
  2. Juara II  : @arkian_sawitra
  3. Juara III : @feriansyahchrulr
  4. Favorit  : @ummuluffia

#SIEJ15Th

#BersamaPulihkanBumi

#UntukmuBumiku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *